Kamis, 03 November 2011

teknik pidato


TEKNIK – TEKNIK MNYUSUN PIDATO
teknik menyusun naskah pidato mencangkup tiga langkah penting dalam penyusunan yaitu:

A. Mengumpulkan Bahan
Penyusunan dan pengumpulan data diusahakan harus seakurat mungkin yaitu sesuai fakta , ilustrasi , ceita atau pokok – pokok yang konkrot untuk mengembangkan pidato agar lebih maksimal. Sharusnya penyusun harus banyak bertanya kepada pihak – pihak yang menyetahui persoalan tersebut. Pengetahuan pembicara beserta semua bahan – bahan tersebut akan memungkinkan pembicara berbicara dengan baik.
B. Membuat Kerangka Pidato
Seorang pembaca harus menentukan pokok – pokok pemasalahanya , sehingga dapat merencanakan kerangka pidatonya secara terperinci. Kerangka pidato memang harus disusun secara terperinci supaya menimbulkan keyakinan tentang kesatuan koherensinya.

C. Menguraikan Isi Pidato Secara Terperinci
Langkah terbaik dalam berpidato tergantung pada pmbawaan dan kesanggupan setiap orang yang bersangkutan serta suasana yang ada pada waktu itu. namun teryata terdapat dua cara yang sering digunakan , yaitu :
1. pidato bebas dengan sekali – kali melihat kerangka yang sudah disusun untuk menjamin keteraturan dan tidak terdapat ide – ide yang terlangkahi.
2. menggarap pidato tersebut dengan disusun kata – kata secara lengkap dan terperinciselanjutnya tinggal dibacakan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar